Ingin Memulai Bisnis Toko Cat? Simak Penjelasan Lengkapnya

Dakarai024
By -
0

Dunia wirausaha saat ini mengalami pergerakan yang cukup pesat, banyak sekali masyarakat yang tertarik untuk memulainya. Salah satu bisnis yang dinilai memiliki peluang jangka panjang yang menjanjikan adalah Bisnis Toko Cat.

Tingginya permintaan akan warna cat yang menarik dengan varian yang beragam menjadi salah satu alasan mengapa bisnis ini memiliki prospek yang patut dipertimbangkan. Padahal, permintaan terhadap jenis dan warna cat tidak hanya datang dari konsumen perorangan namun juga korporasi. Tertarik memulai bisnis toko cat, tapi masih ragu? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Peluang Bisnis Toko Cat

Bila Anda memiliki modal yang cukup, membuka usaha toko cat bisa menjadi ide bisnis yang bagus. Dalam bisnis ini, terdapat gap yang belum banyak terisi. Saat ini cukup banyak pemilik toko bangunan dan material yang hanya menjual beberapa jenis cat saja. Lain halnya jika ada toko yang khusus hanya menjual jenis cat tertentu yang akan dibutuhkan dalam jumlah banyak. 

Dengan hadirnya toko ini, konsumen akan lebih leluasa dalam mencari jenis atau warna cat yang mereka butuhkan. Jadi, mereka bisa berbelanja di satu toko saja tanpa harus berpindah ke toko lain. Calon konsumen tentunya akan lebih memilih berbelanja di toko yang mempunyai stok warna dan jenis cat yang lengkap. Tidak hanya menyediakan berbagai jenis cat, usaha ini nantinya juga bisa menjual produk pelengkap lainnya. 

Cara Memulai Bisnis Toko Cat

Siapkan Modal

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis toko cat, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah modal. Kepemilikan modal akan sangat menentukan arah dan skala usaha kedepannya, sehingga Anda harus benar-benar memperhatikan berapa besar modal yang akan Anda investasikan untuk memulai bisnis bengkel cat ini.

Anda perlu memperhatikan poin-poin yang dibutuhkan sebagai modal seperti biaya sewa toko, renovasi, peralatan, stok produk cat berbagai merk, stok produk pelengkap seperti kuas, tiner, amplas dan lain-lain. Anda juga membutuhkan spanduk toko, perlengkapan penunjang kantor, kemasan atau plastik, dan kuitansi penjualan.

Dari perhitungan di atas, Anda setidaknya harus menyiapkan modal awal sekitar Rp 100.000.000. Jika Anda mempunyai modal lebih, Anda bisa mengalokasikannya untuk keperluan lain. Seperti menambahkan item produk yang akan dijual agar lebih lengkap misalnya.

Memilih Lokasi Bisnis Yang Strategis

Bagi para pebisnis yang sangat mengandalkan kedekatan dengan pelanggannya, harus pintar-pintar dalam menentukan lokasi usahanya. Karena lokasi yang strategis menjadi salah satu faktor yang mempunyai pengaruh besar dalam berjalannya usaha. Untuk itu lokasi usaha harus dipikirkan dengan matang dan penuh perhitungan yang matang. Sebaiknya pilih lokasi yang ramai, strategis, dan mudah dijangkau semua orang.

Lokasi seperti ini kebanyakan berada di pusat kota atau pusat keramaian masyarakat, misalnya pasar, dekat perumahan dan lain sebagainya. Selain itu, pinggir jalan utama juga menjadi lokasi yang strategis untuk membuka toko cat. Jalan utama yang dipilih dapat berupa jalan antar kota antar provinsi, kabupaten atau kecamatan. Jika berada di jalan desa, pastikan lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian, misalnya pasar desa.

Bagi usaha yang masih baru dan belum banyak dikenal, lokasi yang strategis merupakan salah satu cara yang efektif untuk menarik calon pembeli. Jika Anda memiliki modal besar, pastikan Anda memanfaatkannya untuk mendapatkan lokasi toko yang strategis di kota.

Namun jika modal Anda terbatas, sebaiknya maksimalkan terlebih dahulu apa yang Anda punya. Misalnya dengan mengubah garasi menjadi toko atau jika memiliki modal lebih Anda bisa menyewa toko dengan harga sewa yang terjangkau. Jangan lupa, pastikan lokasi yang Anda pilih memiliki lahan parkir yang cukup.

Membuat Daftar Produk Dan Harganya

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah membuat daftar produk yang akan dijual beserta harganya. Pada tahap ini Anda harus mengetahui produk cat apa saja yang akan dijual, harga beli, harga jual dan berapa stok yang tersedia. Hal ini dilakukan untuk memudahkan pendataan produk dan modal yang dikeluarkan untuk pembelian barang dagangan. 

Sebelum memutuskan membeli produk cat apa pun yang akan dipajang di suatu toko, tidak ada salahnya melakukan survei terhadap kompetitor. Cari tahu cara kerja mereka, produk apa yang mereka jual, target pasar mereka, dan strategi penjualan yang mereka gunakan untuk menarik pelanggan. 

Anda bisa menggunakan istilah ATM alias mengamati, meniru, dan memodifikasi apa yang ditemukan saat survei. Untuk kemudian menyesuaikannya dalam bisnis dengan cara Anda sendiri.

Lakukan Promosi Bisnis

Setelah toko cat yang direncanakan mulai dibuka, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah promosi bisnis. Sebagus apapun sebuah bisnis, jika tidak didukung dengan langkah promosi yang tepat maka akan sulit berkembang. Apalagi di era digital seperti sekarang ini, promosi tidak bisa dilakukan secara monoton. 

Selain promosi digital, Anda juga bisa menggunakan cara konvensional. Seperti memasang iklan di televisi, radio, surat kabar, menyebarkan brosur atau pamflet dan lain sebagainya. Cara lain untuk mempromosikan bisnis toko cat adalah dengan memberikan potongan harga atau potongan harga dengan minimal pembelian dan lain sebagainya.

Demikian ulasan artikel tentang Ingin Memulai Bisnis Toko Cat seperti yang dilansir slot thailand, Semoga bermanfaat. 

Tags:

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)